Apa yang harus saya perhatikan saat memeriksa ban?

Selain teratur melakukan perawatan, Anda juga harus memperhatikan kemungkinan masalah yang dapat memengaruhi ban Anda. Inspeksi teratur dapat membantu Anda mencegah masalah ban, dan Anda dapat melaju dengan selamat di jalan.
Saat memeriksa ban, perhatikan:

Keausan tapak yang tidak rata. Ini dapat mencakup keausan yang lebih banyak pada satu sisi tapak daripada tapak lainnya, pola yang berombak, dan keausan rendah, atau kabel baja yang keluar. Keausan yang tidak merata dapat disebabkan oleh masalah seperti tekanan angin kurang, ketidakselarasan, dan keseimbangan tidak tepat.

Pembuat masalah. Periksalah keberadaan kerikil, pecahan kaca, serpihan metal, dan benda asing lainnya yang mungkin terjepit di dalam tapak, dan dengan hati-hati keluarkanlah mereka. Benda-benda ini dapat menyebabkan masalah serius jika terdorong masuk lebih dalam ke ban saat Anda melaju.

Area kerusakan. Retakan, goresan, belahan, tusukan, lubang, dan tonjolan di tapak atau pada sisi ban dapat menunjukkan masalah serius, dan ban mungkin perlu diganti.
Kebocoran perlahan. Ban kehilangan sedikit tekanan angin (sekitar 2 psi) dalam waktu sebulan atau lebih, namun jika Anda harus menambah udara setiap beberapa hari, mintalah ban, roda, dan katup diperiksa – dan jika perlu, perbaiki atau ganti ban tersebut.

Tutup katup. Tutup kecil pada velg katup ban Anda menjaga kelembapan dan kotoran dari luar, jadi pastikan tutup tersebut terpasang di semua ban Anda. Juga, saat Anda mengganti ban, mintalah velg katup baru dipasang pada saat yang sama.

 

Mengemudi dengan ban rusak dapat berbahaya. Jika Anda melihat sesuatu yang meragukan selama masa inspeksi, mintalah dealer ban Anda memeriksanya. Kapan saja Anda melihat kerusakan pada ban, jangan mengemudikannya – gunakan cadangan jika Anda perlu ke suatu tempat. Dan akhirnya, perhatikan “sentuhan” ban Anda saat Anda mengemudi. Perjalanan yang terasa kasar dapat menunjukkan kerusakan ban atau keausan yang berlebihan. Jika Anda perhatikan vibrasi atau gangguan lainnya saat mengemudi, dan/atau Anda menduga kemungkinan kerusakan pada ban atau kendaraan Anda, segera kurangi kecepatan, mengemudilah dengan hati-hati hingga Anda dapat menepi di jalan dengan selamat dan berhenti, lalu periksalah ban Anda. Jika ban rusak, turunkan ban dan gantilah dengan cadangan Anda. Jika Anda tidak melihat kerusakan apa pun pada ban dan tidak dapat mengidentifikasi sumber vibrasi, bawa kendaraan tersebut ke dealer ban untuk inspeksi menyeluruh.

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com
Open chat